IDENTIFIKASI DAN PEMAKNAAN SIMBOL-SIMBOL PADA GAMBAR CADAS DI NGALAU TOMPOK SYOHIAH I, NAGARI SITUMBUK, SUMATERA BARAT

Nenggih Susilowati, Churmatin Nasoichah

Abstract


Ngalau Tompok Syohiah I memiliki indikasi sebagai hunian sementara berkaitan dengan kegiatan ziarah khusus seperti meditasi berkaitan dengan kepercayaan lama (Pra Islam), mencari ilmu kebatinan, serta menyepi guna memperdalam ajaran Islam di masa lalu, dan membayar kaul. Hingga kini gua ini dikeramatkan dan masih menjadi tempat ziarah khusus. Budaya materi yang menjadi kekhasan Ngalau Tompok Syohiah I adalah gambar-gambar maupun pertulisan yang dituangkan dengan media berwarna putih (jenis kapur). Metode penelitian kualitatif menggunakan penalaran induktif dengan melakukan pengamatan terhadap satuan maupun konteksnya. Salah satu teknik yang digunakan untuk menyalin bentuk gambar atau membaca aksara yang terdapat pada dinding Ngalau Tompok Syohiah I menggunakan program Inkscape, kemudian mendeskripsikan dan menganalisa bentuk tersebut. Artikel ini dimaksudkan untuk mengetahui makna simbol-simbol pada gambar cadas di dinding Ngalau Tompok Syohiah I. Kemudian mengetahui latar belakang budaya manusia yang memanfaatkan gua tersebut di masa lalu. Sebagian simbol diidentifikasi sebagai gambar-gambar yang mirip dengan gambar cadas pada situs Prasejarah di Nusantara, indikasi aksara Pasca Palawa, dan aksara Arab dan Arab-Melayu. Gambar-gambar dan pertulisan tersebut bertumpang tindih dan banyak yang aus sehingga sebagian belum dikenali lebih lanjut. Simbol-simbol gambar cadas dikaitkan dengan konteks keruangan gua, serta tinggalan arkeologis lain seperti menhir dan kubur semunya, menggambarkan religi yang dianut oleh orang-orang yang pernah datang ke gua tersebut, dan berkaitan dengan matapencaharian pertanian.

Keywords


simbol; gambar cadas; komunikasi verbal; komunikasi visual

References


Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Istiawan, Budi ed. 2016. Booklet Kawasan Karst Sangkurilang Mangkalihat. Samarinda: Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group

_______. 2015. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Prenada Media Group

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhammad, Arni. 2014. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara

Nirwana, Dzikri. 2015. Otoritas hadis sirah sebagai referensi yuridis-dogmatis dalam Islam Ijtihad, Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan Vol. 15, No. 2 (2015): 219-235. DOI: 10.18326/ijtihad.v15i2.219-235. http://www.ijtihad.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijtihad/article/view/351

Oktaviana, Adhi Agus. 2015. “Pengaplikasian Dstretch pada Perekaman Gambar Cadas di Indonesia”, Diskusi Ilmiah Arkeologi. Jakarta: IAAI.https://www.researchgate.net/

Pramono. 2009. “Tarekat Naqsabandiyah di Kabupaten Lima Puluh Kota: Studi Atas Dinamikanya Melalui Teks dan Konteks Naskah-naskah Karya Janius Ahmad Datuk Mali Puti Alam”. repository.unand.ac.id/840/1/Artikel_Dipa_Pramono_2009.doc

Susilowati, Nenggih. 2009. “Gua dan Kawasan Karst, Daya Tarik serta Ragam Fungsinya dalam Kehidupan Manusia”. Sangkhakala Vol. XII No. 24: 181-96. DOI: https://doi.org/ 10.24832/bas.v12i24.218. http://sangkhakala.kemdikbud.go.id/index.php/SBA/article/view/218

Susilowati, Nenggih, et al. 2017. Penelitian Arkeologi Prasejarah di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat (Ekskavasi di Ngalau Tompok Syohiah I, Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung dan Survei di Sekitarnya). Medan: Balai Arkeologi Medan (belum terbit)

Tinarbuko, Sumbo. 2003. “Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual”. NIRMANA VOL. 5 No. 1: 31-47. https://puslit.petra.ic.id/journals/design

Tinarbuko, Sumbo. 2015. DEKAVE Desain Komunikasi Visual-Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Sevice)


Article Metrics

View Counter : Abstract | 69 | PDF (Bahasa Indonesia) | 41 | Total View | 110 |

DOI: https://doi.org/10.24832/bas.v21i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.